[EIGOV] Ekonomi Islam Goes To Village

 

Deskripsi Kegiatan

        Pada hari Sabtu–Minggu, 19-20 November 2022 telah terlaksana kegiatan Ekonomi Islam Mengabdi Desa di Dusun Siak, Desa Durian, Kec. Sungai Ambawang, Kab. Kubu Raya.

Ekonomi Islam Mengabdi Desa Merupakan salah satu Program Kerja dari Bidang Eksternal HIMAEKIS FEB UNTAN. Rangkaian Kegiatannya dimulai dari Pembukaan yang di hadiri oleh Kepala Desa, Kepala Dusun, Kepala RT yang ada di Dusun Siak dan dibuka secara resmi oleh Pembina HIMAEKIS UNTAN. Setelah Pembukaan di lanjut dengan Kegiatan Sosialisasi UMKM dan Mendatangkan Pemateri dari Dinas Koperasi dan UMKM Kab Kubu Raya yang membahas mengenai Semangat Berwirausaha bagi pelaku UMKM dan Pemateri dari Pendamping PPH UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang membahas mengenai Sertifikasi Halal. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat Desa Durian.

 Kemudian dilanjut dengan kegiatan bersih bersih Masjid dan Surau yang ada di sekitar Dusun Siak sekaligus pembagian Tong sampah beserta alat kebersihan.



Setelah kegiatan bersih bersih masjid dilanjutkan dengan Penanaman Toga yang mana tanaman yang ditanam terdiri dari Kumis Kucing, Lidah Buaya, Kunyit, Cabe, dan lain lain.

 Di malamnya diadakan kajian yang membahas mengenai ZISWAF dan mendatangkan Pemateri dari BAZNAS Kubu Raya, dan Dihadiri oleh santri dari Pondok Pesantren tempat kami melakukan kajian. 

Lanjut di Hari ke-2 melakukan Senam Bersama Ibu Ibu Di waktu pagi dan setelah agak siang dilanjutkan dengan kegiatan Lomba seperti lomba mewarnai dan juga lomba Menyanyi lagu nasional.



Kegiatan Ekonomi Islam Mengabdi Desa ini dihadiri oleh seluruh pengurus HIMAEKIS yang berjumlah 30 orang selaku Panitia dari kegiatan ini dan dihadiri oleh masyarakat desa sebagai peserta dalam kegiatan yang telah di selenggarakan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERANAN DAN FUNGSI PEMERINTAH DALAM PEREKONOMIAN

Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Promosi Perusahaan terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Kota Pontianak)

Makalah Pasar dan Harga dalam Ekonomi Islam