SEMINAR NASIONAL HARLAH EKIS VII

Pada tanggal 9 April 2023 telah berlangsung acara Seminar Nasional Hari Lahir Ekonomi Islam VII yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Acara tahunan yang pada 3 tahun belakangan ini dilaksanakan secara online akibat pandemi Covid-19. Pada akhirnya ditahun 2023 ini diselenggarakan secara Hybrid dengan online maupun offline yang dilaksanakan di Gedung Konferensi UNTAN Teater 1 dan Via Zoom Meeting.

Seminar Nasional Hari Lahir Ekonomi Islam VII Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura tahun ini mengangkat tema “Strategi dalam Meningkatkan Bisnis Digital Berbasis Syariah Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini diangkat karena dilatarbelakangi dengan maraknya bisnis digital yang sedang berkembang di Indonesia dan bagaimana jika bisnis digital itu dilandasi dengan syariah, strategi apa yang harus ditingkatkan agar binis digital berbasis syariah dapat bertahan dan terus meningkat hingga Indonesia Emas ditahun 2045.

Adapun acara ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC, doa, pemutaran lagu Indonesia Raya, laporan ketua panitia, sambutan ketua Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam, Opening speech oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ibu Dr. Barkah, S.E., M.SI sekaligus membuka acara secara resmi, Keynote speaker oleh Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.SI., FCBArb.

Setelah rangkaian tersebut, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang akan dipandu langsung oleh moderator Diah Arminingsih S.E.I., M.E., dimana pada kesempatan kali ini materi akan di sampaikan oleh Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc yang merupakan Rektor Institut Agama Islam Tazia (2017-2022) dan Pendiri Sakinah Finance & Sobat Syariah.

Adapun poin penting yang disampaikan oleh Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc adalah Ragam Model Bisnis Fintech Syariah di Indonesia 

Fintech Securities Crowdfunding Syariah 

Definisi : Penyelenggara layanan penawaran efek yang dilakukan penerbit untuk menjual efek secara langsung kepada pemodal melalui jaringan sistem elektronik yang bersifat terbuka diantara efek yang dapat diterbitkan adalah saham syariah dan sukuk. 

Manfaat :

  1. Alternatif pembiayaan bagi UMKM
  2. Membantu pengusaha rintisan untuk berkembang
  3. Alternatif investasi bagi pemodal
  4. Memiliki suatu perusahaan dengan modal minim 
  5. Akses yang mudah dan cepat

Fintech Inovasi Keuangan Digital

Definisi : Aktivitas pembaruan proses bisnis, model bisnis dan instrument keuangan yang memberikan nilai tambahan baru disektor jasa keuangan dengan melibatkan ekosistem digital

Manfaat : 

  1. Alternatif mendapatkan layanan keuangan bagi masyarakat
  2. Mendukung ekosistem keuangan digital
  3. Digitalisasi layanan keuangan tradisional 

Contohnya seperti Sobat Syariah, OneShaf, Syarq dan Efunding

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dibuka 2 sesi dimana di sesi kesatu oleh 3 penanya dan disesi kedua oleh 3 penanya. Lalu, dilanjutkan dengan ice breaking yang didukung oleh Telkomsel dengan 1 hadiah Telkomsel orbit. Kemudian pada akhir acara diadakan pemberian piagam untuk pembicara dan moderator. Setelah itu dilanjutkan dengan pengundian doorprize 5 Goodie bag dari Erlangga, dan terakhir ditutup dengan sesi foto bersama.

Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc berpesan semoga acara Seminar Nasiona Hari Lahir Ekonomi Islam VII Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura kedepanya lebih baik lagi, dapat mengundang pemateri pemateri yang luar biasa, dan semoga ekonomi islam semakin maju di era perkembangan zaman.


Penulis : Bidang Penalaran Ilmu dan Tekonlogi Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam periode 2022/2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERANAN DAN FUNGSI PEMERINTAH DALAM PEREKONOMIAN

Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Promosi Perusahaan terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Kota Pontianak)

Makalah Pasar dan Harga dalam Ekonomi Islam